You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Batukandik
Desa Batukandik

Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Provinsi Bali

Selamat Datang di Website Resmi Desa Batukandik, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Batukandik untuk seluruh masyarakat. PEMERINTAH DESA BATUKANDIK MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA NATAL 25 DESEMBER 2021 DAN SELAMAT TAHUN BARU 1 JANUARI 2022

Profil Potensi Desa

Administrator 07 Agustus 2018 Dibaca 75 Kali
Profil Potensi Desa

Potensi Wisata Desa Batukandik

              Potensi wisata Desa Batukanik merupakan gambaran mengenai segala potensi yang yang dapat mendukung pengembangan Desa Batukanik sebagai desa wisata. Pemilihan potensi wisata Desa Batukanik didasarkan pada hasil observasi dan informasi yang didapat melalui wawancara mendalam dengan informan. Adapun potensi yang dimaksud adalah sebagai berikut. 

  1. Potensi Sosial Budaya 

              Potensi sosial budaya adalah potensi berupa keadaan aktivitas sosial masyarakat dan budaya secara keseluruhan. Potensi sosial budaya dikategorikan menjadi dua, yaitu potensi berwujud dan potensi tidak berwujud. Adapun potensi sosial budaya Desa Batukanik dapat dijabarkan sebagai berikut.

 Berwujud (Tangible)

Pura 

              Terdapat Pura di Desa Batukanik yang memiliki daya tarik yang sangat unik dan sejarah yang menarik, yaitu Pura Sekar Kuning. Pura tersebut memiliki beberapa mitos-mitos tentang kasiat jika bersembahyang di pura tersebut, salah satunya adalah dapat menyembuhkan segala penyakit. Selain itu terdapat Padma yang terbuat ari batu peninggalan Nenek Moyang masyarakat Desa Batukanik yang dianggap suci bagi masyarakat sekitar. Selain itu terdapat Pura Pehikan  dan pura Papak Badeng serta pura Pancoran yang sering digunakan oleh masyarakat Desa Batukanik dalam melaksanakan upacara keagamaan dan tradisi setempat secara turun-temurun. Potensi tersebut merupakan daya tarik bagi wisatawan, dimana dapat mempelajari kebudayaan dan tradisi setempat yang memiliki keunikan tersendiri.

 Kesenian Tradisional

Adapun kesenian tradisional yang terdapat di Desa Batukanik antara lain: 

  • Seni Tari. Seni tari yang sampai sekarang masih terpelihara adalah Tari Gandrung, Tari Sanghyang Lutung, Tari Jangkang. Tari tersebut merupakan tari wali/sakral yang hanya dipentaskan pada saat upacara keagamaan. Tari tersebut merupakan salah satu syarat penyelenggaraan upacara keagamaan di masing-masing Pura yang terdapat di Desa Batukanik, khususnya Pura Sekar Kuning
  • Seni Musik. Seni musik yang dimaksud di sini adalah seni musik tradisional berupa gambelan yang ada di Desa Batukanik. Seni Gambelan tersebut terdiri dari beberapa sekaa gong. Gambelan tersebut berfungsi sebagai pelengkap upacara keagamaan dan upacara adat di Desa Batukanik.

 

  1. Tidak Berwujud (Intangible) Sejarah 

              Sejarah Desa Batukanik, menjadi sebuah daya tarik wisata yang layak dan patut untuk ditawarkan. Disamping itu terdapat cerita yang jelas dan menarik sehingga menjadi nilai tambah dalam proses penawaran paket wisata kepada wisatawan.

 Tradisi Setempat 

              Keragaman tradisi yang melekat dan menjadi kebiasaan untuk dilaksanakan masyarakat adalah sebuah potensi yang layak untuk dikembangkan. Masyarakat di Desa Batukanik  memiliki tradisi yang khas dan berbeda dengan desa lain yang ada di Bali. Adapun tradisi-tradisi tersebut adalah sebagai berikut. 

Aktivitas  Mata Pencaharian Masyarakat 

              Aktivitas pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat sebagian besar mengandalkan sektor pertanian dan peternakan sebagai tumpuan. Aktivitas penggarapan pertanian dan peternakan masih dilakukan secara tradisional, sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Kegiatan masyarakat tersebut merupakan pola mata pencaharian yang sebagian besar pergerakan masyarakat dalam aktivitasnya sehari-hari adalah mulai dari pagi sampai sore hari. Selain itu dalam mengatur aktivitas di Desa Batukanik juga telah diterapkan awig-awig secara baik. 

Hubungan Sosial Budaya Masyarakat 

              Hubungan sosial budaya masyarakat tercermin dalam hubungan antarpengempon semua pura yang masih kental dijiwai semangat kekeluargaan. Kondisi ini diwadahi dalam organisasi tradisonal yang merupakan kumpulan beberapa masyarakat Desa Pakraman yang melaksanakan upacara. Organisasi tradisional ini mencerminkan implementasi Tri Hita Karana, yang dilandasi oleh hubungan antar penyungsung Pura yang ada di Desa Batukanik dengan Pura Sekar Kuning (bidang Parhyangan), hubungan antara masyarakat pengemong masing-masing pura (bidang Pawongan), dan hubungan antara pengemong pura dengan tanah (pelaba) pura atau kawasan pura yang berlokasi di Desa Batukanik (bidang Palemahan).

  1. Alamiah

 

 Air Terjun Guyangan

              Merupakan air terjun yang terletak di banjar Peguyangan Dusun Bangunurip Desa Batukandik Akses menuju air terjun ini melewati anak tangga yang dapat dicapai dengan cara berjalan kaki. Ciri khas dari air terjun ini adalah mempunyai tinggi 40 meter dan kondisinya masih sangat alami, dimana lokasi air terjun tersebut berada di tebing. Selain itu di sekitar air terjun terdapat sebuah pura yaitu pura Ratu Kidul.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image